Frequently Asked Questions

Top-up Saldo Rupi

Apa itu Saldo Rupi?

Saldo RUPI adalah dana yang Anda simpan di akun RUPI Anda yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi melalui aplikasi RUPI. Dengan Saldo RUPI, Anda dapat melakukan pembelian pulsa, token listrik, dan voucher game serta melakukan pembayaran tagihan PLN, PDAM, BPJS, dan multifinance. Saldo RUPI menggunakan mata uang Rupiah dan dapat diisi (top up) melalui transfer bank atau virtual account.

Bagaimana cara mengisi (top-up) Saldo Rupi?
  • Klik tombol TOP UP'
  • Masukkan jumlah Top Up, minimal Rp50.000
  • Klik tombol 'SELECT METHOD'
  • Pilih metode pembayaran yang tersedia
  • Ikuti langkah sesuai metode pembayaran
Mengapa Saldo Rupi saya tidak bertambah setelah saya melakukan Pengisian/Top-up?

Belum menerima saldo RUPI setelah melakukan pengisian/topup baik dari ATM Maupun dari teman anda? Bisa jadi, untuk itu mari pastikan hal-hal di bawah ini:

  • Jaringan internet anda dalam kondisi stabil
  • Besaran yang Anda transfer telah sesuai dengan besaran nilai yang ada pada notifikasi ketika request pengisian saldo atau topup saldo
  • Teman Anda memasukkan nomor handphone yang telah terdaftar pada Aplikasi RUPI
  • Pastikan transaksi Teman Anda telah tercatat pada menu 'Riwayat/History' pada halaman transfer
Mengapa Saldo Rupi saya berkurang sedangkan transaksi masih dalam proses di operator?

Saldo yang berkurang adalah proses awal yang dijalankan oleh sistem secara otomatis. Pemberian cashback akan dikembalikan berupa penambahan saldo, setelah itu maka status transaksinya akan dinyatakan berhasil. Mengenai permasalahan pulsa yang dikirimkan ke nomor tujuan, apabila statusnya pending, maka dapat menunggu prosesnya maksimal 1x24 jam, silakan bisa melakukan pengecekan berkala setelah 5 jam kedepan. Namun apabila status transaksinya gagal, maka sistem akan melakukan pengembalian saldo secara otomatis.

Mengapa saya tidak dapat menggunakan Saldo Rupi saya?

Tidak bisa menggunakan saldo RUPI dapat disebabkan sambungan internet pada Smartphone tidak stabil atau saldo yang tersedia tidak sesuai dengan nilai pembeliannya. Apabila terjadi error pada aplikasi, silakan cek versi terbaru dari aplikasi untuk unduh ulang dan dapat juga dibantu lebih lanjut dengan menghubungi layanan Call center

Berapa batas limit Saldo Rupi?

Batas maksimal untuk saldo RUPI member silver adalah Rp. 1.000.000 (dua juta lima ratus ribu Rupiah). Sedangkan batas maksimal untuk saldo RUPI member gold adalah 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) Transaksi pengiriman atau penerimaan akan gagal apabila nominal pengisian atau penerimaan tersebut melebihi batas maksimal yang ditentukan.

Dimana saya dapat melihat riwayat transaksi Saldo Rupi saya?

Untuk melihat status transaksi bisa dilihat pada halaman Transaksi. Silakan melakukan pengecekan secara berkala dengan menarik kuorsor kebawah untuk me-refresh aplikasinya.

Bagaimana bila saya salah dalam melakukan pembayaran dalam Top Up?

Apabila salah dalam melakukan pembayaran menggunakan ATM, dimana dana yang di transfer tidak sesuai dengan jumlah/kode unik yang diterima saat permintaan Top-Up, maka akan tetap didapatkan secara otomatis sesuai jumlah uang yang dimasukkan pada menu pembayarannya. Namun, bila dinyatakan pending, prosesnya akan dibantu melalui dengan menghubungi layanan Call center untuk dibantu prosesnya melalui sistem sesuai pembayaran.

Bagaimana jika pilihan Bank yang ingin saya gunakan tidak ada?

Maaf, pilihan Bank untuk pembayaran memang ditentukan oleh PT. Rupi Digital Indonesia dan untuk pengembangan sistem layanannya akan kami update setelah adanya kebijakan internal kedepannya.

Pulsa & Pascabayar

Bagaimana cara melakukan transaksi pembelian pulsa?
  • Pilih purchase
  • Pilih Handphone
  • Masukkan Nomor telepon yang akan diisi pulsa
  • Pilih tab 'PULSA'
  • Pilih nominal pulsa yang akan diisi
  • Klik 'PAY NOW'
  • Masukkan Nomor PIN
  • Muncul notifikasi yang menunjukkan bahwa transaksi tersebut sukses
Bagaimana cara berjualan pulsa?

Cara melakukan pengisian pulsa untuk orang lain sama seperti Anda melakukan pembelian pulsa untuk diri sendiri. Hanya saja yang diisikan adalah untuk nomor telepon pembeli pulsa.

Untuk harga, silahkan Anda naikkan sesuai dengan keinginan Anda agar Anda mendapatkan keuntungan dari penjualan pulsa. Harga yang tertera di kami adalah harga dasar dari operator yang berlaku secara nasional dan dapat berubah-ubah sewaktu-waktu.

Mengapa pulsa belum masuk di nomor tujuan?

Pulsa belum masuk ke nomor tujuan bisa disebabkan prosesnya sedang berjalan maksimal 1 jam setelah transaksi berhasil dilakukan. Apabila terjadi antrian/pending, maka prosesnya akan dibantu lebih lanjut dengan menghubungi layanan Call center Rupi setelah 1 jam transaksinya dan maksimal 1x24 jam.

Bagaimana jika transaksi pulsa gagal?

Jika pembelian pulsa gagal, status pembelian di halaman pesanan menjadi "Refunded" (dikembalikan), Dana Anda akan dikembalikan ke Saldo Rupi Anda, Pengembalian saldo dapat dilihat pada halaman "Transaksi" di halaman Akun Anda

Dimana saya bisa melihat status transaksi saya?

Untuk melihat status transaksi bisa dilihat pada halaman Transaksi. Silakan melakukan pengecekan secara berkala dengan menarik kuorsor kebawah untuk me-refresh aplikasinya.

Apakah bisa mengisi pulsa ke nomor yang sama lebih dari 1 kali?

Untuk pembelian Paket Data Bisa dilakukan lebih dari 1 kali dengan nomor yang sama, namun pastikan kembali saldo rupi anda mencukupi untuk memenuhi banyaknya transaksi yang akan anda beli nanti.

Mengapa pulsa yang saya dapatkan berbeda dari nominal yang telah saya beli?

Perbedaan pulsa yang didapatkan tidak akan berbeda dengan nominal yang dibeli, tetapi jumlah pulsa tersebut memang dibeli sesuai dengan variasi harga yang tertera pada pilihan pulsa di aplikasi Rupi.

Apakah pulsa yang saya beli di Rupi akan menambah masa aktif?

Penambahan masa aktif bergantung sepenuhnya dari ketentuan operator. Ada produk yang menambah masa aktif (pulsa biasa) dan ada yang tidak (pulsa transfer). Untuk memastikan produk yang Anda beli menambah masa aktif atau tidak, silahkan Anda dapat langsung menghubungi operator.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses transaksi pulsa?

Semua transaksi pulsa diproses langsung oleh operator. Jika jaringan transaksi normal, pulsa akan masuk dalam waktu 3-10 menit. Namun untuk maksimal waktu proses suatu transaksi mohon dapat ditunggu maksimal 1x24 jam dan lakukan pengecekan berkala setelah 5 jam kedepan. Jika pulsa masih tidak diterima dalam waktu maksimal, silahkan Anda dapat menghubungi CS Rupi melalui email di bantuan@rupi.id dengan menyebutkan Order ID untuk pengecekan ulang transaksi oleh tim kami atau telepon ke :
Xl: 081717749777
Indosat : 085883139777
Telkomsel : 082298887077

Apakah ada Notifikasi jika isi pulsa telah berhasil?

Notifikasi pulsa yang berhasil atau gagal akan Anda terima melalui push notifikasi dari Aplikasi dan email. Nomor telepon yang berhasil diisikan pulsa juga akan menerima notifikasi berupa sms.

Bagaimana jika di pilihan nominal pulsa (produk) tertulis gangguan?

Apabila tertulis gangguan dan saldo tidak berkurang setelah melakukan pembelian, maka silakan mencoba kembali 1 jam kedepan secara berkala. Untuk produk pulsa yang terdapat keterangan gangguan, maka pada saat tersebut sedang terdapat gangguan jaringan/gangguan proses transaksi pada produk pulsa tersebut. Untuk keamanan transaksi maka produk kami non-aktifkan sementara waktu sehingga tidak dapat dilakukan pembelian. Namun silahkan Anda dapat mengecek produk secara berkala karena jika jaringan dari operator sudah normal, maka produk akan kami aktifkan dan bisa dilakukan pembelian kembali.

Bagaimana jika status pembelian berhasil namun pulsa tidak diterima?

a. Jika status pembelian Berhasil dan sudah tertera nomor Serial Number (SN) atau nomor referensi di halaman Pesanan Anda tetapi pulsa belum diterima, silahkan Anda dapat langsung menghubungi operator pulsa yang Anda beli untuk melakukan pengecekan dengan menyebutkan nomor SN atau nomor referensi yang tertera di halaman Pesanan.

b. Namun jika Anda mendapatkan status pembelian berhasil tetapi tidak tertera nomor SN ataupun nomor referensi pembelian, silahkan Anda dapat menghubungi CS Rupi melalui email di bantuan@rupi.co.id dengan menyebutkan Order ID transaksi Anda untuk dilakukan pengecekan kembali oleh tim kami atau telepon
Xl: 081717749777
Indosat : 085883139777
Telkomsel : 082298887077

Apakah pembelian pulsa bisa dibatalkan?

Untuk pembelian pulsa yang sudah dalam proses operator ataupun sudah berhasil, tidak dapat dibatalkan ataupun dilakukan refund.

Bagaimana jika saya salah memasukkan nomor?

Jika Anda salah memasukkan nomor pengisian pulsa dan pulsa sudah dalam proses operator, transaksi tidak dapat dibatalkan. Begitu juga bila transaksi pulsa telah berhasil. Meskipun nomor tersebut tidak aktif, jika transaksi pulsa berhasil, maka pembelian tidak dapat dibatalkan. Silahkan pastikan kembali nomor telepon Anda sebelum dilakukan pengisian Pulsa.

Data

Bagaimana cara melakukan transaksi pembelian Paket Data?
  • Pilih Pembelian
  • Pilih Pulsa & paket data
  • Masukkan Nomor telepon yang akan diisi
  • Pilih tab 'PAKET DATA''
  • Pilih paket data yang akan diisi
  • Klik 'Bayar sekarang'
  • Masukkan Nomor PIN
  • Muncul notifikasi yang menunjukkan bahwa transaksi tersebut sukses
Bagaimana cara berjualan Paket Data?

Cara menjual kembali Paket Data Rupi atau melakukan pengisian untuk orang lain sama seperti Anda melakukan pembelian Paket Data untuk diri sendiri. Hanya saja yang diisikan adalah untuk nomor telepon pembeli Paket Data. Untuk harga, silahkan Anda naikkan sesuai dengan keinginan Anda agar Anda mendapatkan keuntungan dari penjualan Paket Data. Harga yang tertera di kami adalah harga dasar dari operator yang berlaku secara nasional dan dapat berubah-ubah sewaktu-waktu.

Mengapa Paket Data belum masuk di nomor tujuan?

Paket Data belum masuk ke nomor tujuan bisa disebabkan prosesnya sedang berjalan maksimal 1 jam setelah transaksi berhasil dilakukan. Apabila terjadi antrian/pending, maka prosesnya akan dibantu lebih lanjut dengan menghubungi layanan Call center Rupi setelah 1 jam transaksinya dan maksimal 1x24 jam.

Bagaimana jika transaksi Paket Data gagal?

Jika pembelian Paket Data gagal, dana akan dikembalikan ke Saldo Rupi Anda ditandai dengan status pembelian di halaman pesanan menjadi "Refund". Saldo pengembalian dapat dilihat pada halaman "Transaction" di halaman Akun Anda.

Dimana saya bisa melihat status transaksi saya?

Untuk melihat status transaksi bisa dilihat pada halaman Transaksi.Silahkan dapat di cek secara berkala atau lakukan refresh secara berkala untuk perubahan status pembelian Anda.

Apakah bisa mengisi Paket Data ke nomor yang sama lebih dari 1 kali?

Untuk pembelian Paket Data Bisa dilakukan lebih dari 1 kali dengan nomor yang sama, namun pastikan kembali saldo rupi anda mencukupi untuk memenuhi banyaknya transaksi yang akan anda beli nanti.

Dimana saya bisa melihat detail produk dari suatu Paket Data?

Rincian dari produk Paket Data yang Anda beli bisa dilihat ketika Anda memilih pilihan jenis Paket Data. Namun untuk rincian Paket Data tersebut dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti ketentuan dari Provider. Untuk memastikan kembali ketentuan rincian Paket Data, silahkan Anda langsung dapat menghubungi Provider atau dapat dilihat di website provider yang Anda gunakan.

Mengapa Paket Data yang saya dapatkan berbeda dengan rincian yang ada di detail produk?

Untuk rincian Paket Data yang kami tampilkan adalah rincian Paket Data secara umum. Tidak menutup kemungkinan Paket Data yang didapatkan akan berbeda rinciannya karena bergantung pada wilayah Zona atau daerah lokasi Anda berada yang ditentukan oleh operator atau Paket Data Anda sudah terpotong untuk layanan berbayar dari berlangganan suatu fitur yang Anda gunakan. Untuk pengecekan kembali rincian Paket Data yang seharusnya Anda dapatkan, silahkan bisa langsung menghubungi call center Provider yang Anda gunakan.

Apakah Paket Data yang saya beli di Rupi akan menambah masa aktif?

Untuk ketentuan masa aktif bergantung sepenuhnya dari ketentuan operator. Ada produk yang menambah masa aktif dan ada yang tidak. Untuk memastikan produk yang Anda beli menambah masa aktif atau tidak, silahkan Anda dapat langsung menghubungi operator.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses transaksi Paket Data?

Semua transaksi pulsa diproses langsung oleh operator. Jika jaringan transaksi normal, Paket Data akan masuk dalam waktu 3-10 menit. Namun untuk maksimal waktu proses suatu transaksi mohon dapat ditunggu maksimal 1x24 jam dan lakukan pengecekan berkala setelah 5 jam kedepan. Jika Paket Data Anda masih tidak diterima/belum aktif dalam waktu maksimal, silahkan Anda dapat menghubungi CS Rupi melalui email dengan menyebutkan Order ID transaksi ke bantuan@rupi.freshdesk.com untuk pengecekan ulang transaksi oleh tim kami atau telepon ke : xl: 081717749777 indosat: 085883139777 telkomsel: 082298887077

Apakah ada notifikasi jika pembelian Paket Data telah berhasil?

Untuk semua transaksi yang gagal ataupun berhasil semua mendapatkan notifikasi pada layar smartphone anda

Bagaimana jika di pilihan nominal Paket Data (produk) tertulis gangguan?

Untuk produk paket data yang terdapat keterangan gangguan, maka pada saat tersebut sedang terdapat gangguan jaringan/gangguan proses transaksi pada produk pulsa tersebut. Untuk keamanan transaksi maka produk kami non-aktifkan sementara waktu sehingga tidak dapat dilakukan pembelian. Namun silahkan Anda dapat mengecek produk secara berkala karena jika jaringan dari operator sudah normal, maka produk akan kami aktifkan dan bisa dilakukan pembelian kembali.

Bagaimana jika status pembelian berhasil namun Paket Data tidak diterima?

a.Jika status pembelian berhasil dan sudah tertera nomor Serial Number (SN) atau nomor referensi di halaman Pesanan Anda, silahkan Anda dapat langsung menghubungi operator pulsa yang Anda beli untuk melakukan pengecekan dengan menyebutkan nomor SN atau nomor referensi yang tertera di halaman Pesanan.

b.Namun jika Anda mendapatkan status pembelian berhasil tetapi tidak tertera nomor SN ataupun nomor referensi pembelian, silahkan Anda dapat menghubungi CS Rupi melalui email di bantuan@rupi.co.id dengan menyebutkan Order ID transaksi Anda untuk dilakukan pengecekan kembali oleh tim kami atau telepon Xl: 081717749777 Indosat : 085883139777 Telkomsel : 082298887077

Apakah pembelian Paket Data bisa dibatalkan?

Untuk pembelian pulsa yang sudah dalam proses operator ataupun sudah berhasil, tidak dapat dibatalkan ataupun dilakukan refund.

Bagaimana jika saya salah memasukkan nomor?

Jika Anda salah memasukkan nomor pengisian pulsa dan pulsa sudah dalam proses operator, transaksi tidak dapat dibatalkan. Begitu juga bila transaksi pulsa telah berhasil. Meskipun nomor tersebut tidak aktif, jika transaksi pulsa berhasil, maka pembelian tidak dapat dibatalkan. Silahkan pastikan kembali nomor telepon Anda sebelum dilakukan pengisian Pulsa.

Token & Tagihan PLN

Bagaimana cara membeli token PLN di Rupi?
  • 1. Buka aplikasi Rupi
  • 2. Pilih tombol pembelian
  • 3. Pilih tombol PLN
  • 4. Masukan ID PLN anda di kolom “PLN ID”
  • 5. Pilih nominal yang diinginkan lalu tekan tombol “SELECT”
  • 6. Pilih tombol “Beli sekarang”
  • 7. Masukan PIN akun rupi anda dan tunggu beberapa saat
  • 8. Akan muncul notifikasi “berhasil”
Dimana saya bisa mendapatkan nomor token PLN yang sudah saya beli?

Untuk Token PLN yang Anda beli akan dikirimkan melalui sms ke nomor Hp yang telah Anda cantumkan sebelumnya di halaman Pembelian atau Anda juga bisa melihatnya di halaman Pesanan jika transaksi Anda sudah berhasil.

Dimana saya bisa melihat riwayat transaksi pembelian PLN saya?

Untuk melihat status transaksi bisa dilihat pada halaman "Transaction". Silahkan dapat di cek secara berkala atau lakukan refresh secara berkala untuk perubahan status pembelian Anda.

Apakah bisa untuk cetak struk transaksi PLN ?

Untuk pembelian Token PLN tidak bisa dicetak akan tetapi anda bisa menunjukan Nomor token yang tertera pada transaksi pembelian token PLN tersebut.

Apakah saya bisa membelikan token PLN orang lain?

Tentu saja, Anda bisa memasukkan nomor meter PLN yang ingin dilakukan pembelian token/pembayaran, dan masukkan nomor Hp untuk penerima sms notifikasi Token PLN.

Bagaimana jika status pembelian PLN saya "proses di operator"?

Jika status pembelian Anda Proses di operator, maka saat ini transaksi Anda sedang dalam proses di PLN pusat. Jika jaringan normal, maka transaksi akan berhasil dalam waktu 3-10 menit. Namun jika transaksi Anda belum juga berhasil dalam waktu tersebut, mohon menunggu terlebih dahulu dalam waktu maksimal 1x24 jam dan lakukan pengecekan setelah 5 jam kedepan. Jika transaksi Anda gagal dana akan kami kembalikan ke saldo Anda secara otomatis pada sistem.

Apakah pembelian token PLN bisa 24 jam dilakukan?

Untuk pembelian Token PLN bisa dilakukan sepanjang waktu kecuali pada pukul 23.00 s/d 01.00 WIB. Karena pada jam tersebut server dari PLN pusat akan melakukan pemeliharaan sistem/cutoff sehingga semua proses transaksi akan diproses setelah pada pukul 01.00 WIB